Skip to main content

Definisi, Penyebab dan Manfaat Hujan Asam

Hujan merupakan bagian dari peristiwa alam yang sering kita dengar dan alami. Namun berbeda dengan hujan yang satu ini, yaitu hujan Asam.

Hujan yang normal seharusnya adalah hujan yang tidak membawa zat pencemar dan dengan pH 5,6. Air hujan memang sedikit asam karena H2O yang ada pada air hujan bereaksi dengan CO2 di udara. Reaksi tersebut menghasilkan asam lemah H2CO3 dan terlarut di air hujan.


Definsi Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan yang memiliki pH dibawah 5,6. Hujan secara alami besifat asam (pH sedikit dibawah 6) karena karbindioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan meiliki bentuk sebagai asam lemah.

Hujan asam ini disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang beraksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam su;fat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupa ikan dan tanaman.

Penyebab Hujan Asam

Pada dasarnya Hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SO2) dan nitrogen oxides (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui pembakaran. Akan tetapi sekitar 50% SO2 yang ada di atmosfer diseluruh dunia terjadi secara alami, misalnya dari letusan gunung berapi maupun kebakaran hutan secara alami. Sedangkan 50% lainnya berasal dari kegiatan manusia, misalnya akibat pembakaran bahan bakar fosil (BBF), peleburan logam dan pembangkit listrik. Minyak bumi mengadung belerang antara 0,1% sampai 3% dan batubara 0,4% sampai 5%. Waktu BBF di bakar, belerang tersebut beroksidasi menjadi belerang dioksida (SO2) dan lepas di udara. Oksida belerang itu selanjutnya berubah menjadi asam sulfat (Soemarwoto O, 1992).

Menurut Soemarwoto O (1992), 50% nitrogen oxides terdapat di atmosfer secara alami, dan 50% lagi juga terbentuk akibat kegiatan manusia, terutama akibat pembakaran BBF. Pembakaran BBF mengoksidasi 5-50% nitrogen dalam batubara ,40-50% nitrogen dalam minyak berat dan 100% nitrogen dalam mkinyak ringan dan gas.Makin tinggi suhu pembakaran, makin banyak Nox yang terbentuk.

Selain itu NOx juga berasal dari aktifitas jasad renik yang menggunakan senyawa organik yang mengandung N. Oksida N merupakan hasil samping aktifitas jasad renik itu. Di dalam tanah pupuk N yang tidak terserap tumbuhan juga mengalami kimi-fisik dan biologik sehingga menghasilkan N. Karena itu semakin banyak menggunakan pupuk N, makin tinggi pula produksi oksida tersebut.

Senyawa SO2 dan NOx ini akan terkumpul di udara dan akan melakukan perjalanan ribuan kilometer di atsmosfer, disaat mereka bercampur dengan uap air akan membentuk zat asam sulphuric dan nitric. Disaat terjadinya curah hujan, kabut yang membawa partikel ini terjadilah hujam asam. Hujan asam juga dapat terbentuk melalui proses kimia dimana gas sulphur dioxide atau sulphur dan nitrogen mengendap pada logam serta mengering bersama debu atau partikel lainnya.

Kerugian Hujan Asam

Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan spesies yang hidup di danau akan mati, Kadar SO2 yang tinggi di hutan menyebabkan noda putih atau coklat pada permukaan daun jika hal ini berlangsung lama maka akan menimbulkan kematian pada tumbuhan tersebut, jika masuk ke dalam paru-paru manusia partikel halus yang dihasilkan dari hujan asam akan mengikat paru-paru dan menyebabkan gangguan pada pernapasan, hujan asam dapat pula menimbulkan korosi misalnya korosi pada batu kapur, pasir besi, marmer, batu pada dinding beton dan logam. Hujan asam dapat merusak batuan sebab akan melarutkan kalsium karbonat

Manfaat Hujan Asam

Walaupun hujan asam ini identik dengan sisi negatif yang dibawa dari sifat asam ini, namun ternyata hujan asam ini memiliki manfaat juga, yaitu : Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat dalam  melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.


Referensi

1. http://rianasariindriani.blogspot.co.id/2012/12/hujan-asam.html
2. http://prabu-kesepian.blogspot.co.id/2010/10/hujan-asam.html


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar