Skip to main content

Apa yang di maksud dengan IUPAC dan Tujuannya ?

Setelah diuraikan secara ringkas tentang pengertian atau apa itu IUPAC, diharapkan kita dapat mengetahui kepanjangannya serta peran dari IUPAC itu sendiri.



Apa itu IUPAC

IUPAC merupakan kepanjangan dari International Union of Pure and Applied Chemistry atau disingkat.

IUPAC merupakan suatu organisasi non pemerintah yang didirikan pada tahun 1919 dan ditujukan untuk pengembangan kimia. Anggota-anggotanya terdiri dari masyarakat kimia nasional dari berbagai negara. Organisasi ini terutama dikenal sebagai otoritas yang diakui untuk mengembangkan standar untuk penamaan unsur dan senyawa kimia, melalui Komite Antardivisi untuk Tatanama dan Simbol (Interdivisional Committee on Nomenclature and Symbols). Organisasi ini adalah anggota dari International Council for Science (ICSU).


Apa Fungsi IUPAC ?

Fungsi atau tujuan dari kehadiran lembaga IUPAC itu sendiri adalah memiliki tujuan dalam hal mempermudah untuk penamaan suatu senyawa, dengan demikian kita dapat membedakan suatu senyawa dengan senyawa lainnya dengan sistem tata nama IUPAC. Senyawa kimia dikelompokkan dalam senyawa anorganik dan senyawa organik.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar