Skip to main content

Nama-Nama Kanselir Jerman Sepanjang Masa (Terlengkap)

Adapun tema pembahasan sesi pengetahuan kali ini adalah tentang daftar nama Kanselir Jerman beserta masa jabatannya.

Disamping itu anda juga akan mengetahui bahwa peranan Kanselir di Jerman akan sama halnya seperti Perdana Menteri di negara-negara lain.

Jerman adalah sebuah negara maju yang termasuk dalam kawasan Eropa Barat dan beribukotkan Berlin. Hari kemerdekaan Jerman dirayakan setiap tanggal 3 Oktober. Makna hari kemerdekaan Jerman adalah proses bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur. Jadi, jelas bukan karena bebas dari penjajahan negara lain.

Populasi penduduk Jerman pada tahun 2018 mencapai sekitar 82,4 juta jiwa dengan luas area negara tersebut sekitar 348,5 ribu kilometer persegi.

Secara geografis, Jerman terletak pada  47° LU sampai 55° LS dan antara 60° BT sampai 150°BT dan memiliki batas-batas sebagai berikut :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Utara dan Laut Baltik.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan negara Polandia, Republik Ceko, dan Slovakia.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan negara Prancis, Luksemburg, Belgia, dan Belanda.
Negara Jerman berbentuk Republik dimana Kepala Negara dijabat oleh seorang Presiden. Sedangkan Kepala Pemerintahan dijabat oleh Kanselir.

Posisi Presiden di Jerman hanya bersifat simbolis tapi  tetap mendapatkan posisi melalui pemilihan yang dilakukan secara rahasia oleh semacam MPR-nya Jerman. Fungsi Presiden di Jerman adalah pemersatu, oleh karena itu tidak terlibat politik harian. Sedangkan Kanselir  dipilih secara langsung dan bertugas melaksanakan pemerintahan federal..

Masa jabatan seorang Kanselir adalah 4 tahun dan dapat dipilih kembali tanpa ada batas. Berikut ini adalah daftar nama-nama Kanselir Jerman :

Nama-Nama Kanselir Jerman
No Nama Periode Jabatan
1 Konrad Adenauer 1949–1963
2 Ludwig Erhard 1963-1966
3 Kurt Georg Kiesinger 1966–1969
4 Willy Brandt 1969-1974
5 Helmut Schmidt 1974–1982
6 Helmut Kohl 1982-1998
7 Gerhard Schröder 1998–2005
8 Angela Merkel 2005–Sekarang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar