Skip to main content

Memahami Perbedaan Cermin Cembung dengan Cermin Cekung

Setelah mempelajari materi fisika kali ini diharapkan anda dapat mengetahui dan menjelaskan perbedaan cermin cembung dengan cermin cekung.

Pada tutorial sebelumnya, kita telah mempelajari latihan soal yang berkaitan dengan cermin cekung dan cermin cembung. Anda dapat mengunjungi tutorial tersebut, yaitu :
Latihan Soal Cermin Cembung
Latihan Soal Cermin Cekung

Sebuah cermin yang memiliki permukaan yang berbeda, tentunya akan memiliki sifat yang berbeda. Gambar yang dibentuk oleh cermin yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda. Cermin pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu
  1. Cermin Datar
    Yang dimaksud dengan cermin datar adalah cermin yang memiliki permukaan pantul berupa bidang datar.
  2. Cermin Lengkung
    Cermin lengkung adalah cermin yang permukaannya lengkung seperti permukaan bola. Terdapat dua jenis dari cermin lengkung yaitu :
    (i) Cermin Cekung
    (ii) Cermin Cembung

Cermin Datar

Ketika sebuah objek diletakkan di depan cermin datar, misalkan seseorang berdiri di depan cermin datar. Maka akan menghasilkan bayangan berupa :
  • Bayangan yang terbentuk adalah Maya. Hal ini dikarenakan bayangan berada didalam cermin.
  • Bayangan yang dihasilkan adalah tegak. Hal ini dapat anda lihat ketika berdiri di depan cermin datar. Bagian kepala akan tetap berada pada kepala, begitu juga dengan kaki akan tetap pada kaki.
  • Bayangan bersifat berbalik. Coba perhatikan ketika kita bercermin. Sisi kiri dari tubuh kita akan menjadi bagian kanan sedangkan bagian kanan dari tubuh kita akan tampak menjadi bagian kiri pada bayangan yang dihasilkan.
  • Tinggi bayangan sama dengan objek tersebut.
  • Ukuran bayangan yang dihasilkan tampak sama seperti objek aslinya.

Cermin Lengkung

Cermin lengkung adalah cermin dengan permukaan pantulan yang melengkung. Kita mengenali cermin cekung dan cermin cembung yang merupakan jenis dari cermin lengkung, dimana jenis cermin ini memiliki jari-jari kelengkungan dua kali dari panjang fokus yaitu R = 2f. Penjelasan terperinci tentang cermin cekung dan cembung adalah sebagai berikut.

(i) Cermin Cekung (Concave Mirror)

Cermin cekung atau dalam bahasa inggris disebut dengan concave mirror dikenal juga dengan sebutan cermin positif.

Cermin cekung adalah cermin yang permukaannya berbentuk lengkung teratur ke dalam menyerupai bagian dari permukaan bola. 

Dinamakan cermin positif karena cermin ini memiliki titik api (fokus) yang bernilai : positif, nyata, riil (di depan cermin), dan bersifat konvergen. Yang dimaksud dengan konvergen adalah mengumpulkan cahaya.

Karena cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya atau konvergen, maka cermin cekung banyak dipakai sebagai reflektor pada berbagai sistem lampu sorot.

Cermin Cekung membentuk gambar nyata dan terbalik. Cermin cekung akan menghasilkan gambar yang diperbesar dan objek akan terlihat jauh lebih besar daripada ukuran sebenarnya dari objek.

(ii) Cermin Cembung (Convex Mirror)

Cerrmin cembung dalam bahasa inggris disebut dengan convex mirror dikenal juga dengan sebutan cermin negatif.

Cermin cembung adalah cermin yang permukaannya berbentuk lengkung teratur ke luar. Bagian tengah cermin memiliki jarak lebih dekat ke benda daripada bagian tepinya.

Dinamakan cermin negatif dikarenakab bayangan pada cermin cembung cenderung lebih kecil daripada benda aslinya dan karena cermin cembung memiliki titik fokus di belakang cermin sehingga bernilai negatif.


Gambar yang dibentuk oleh cermin cembung adalah maya, tegak, berkurang dan terbentuk lebih dekat ke cermin daripada objek yang sebenarnya. Objek dalam gambar yang dibentuk oleh cermin cembung tampak jauh lebih kecil dari objek yang sebenarnya.

Perbedaan Cermin Cembung dengan Cermin Cekung


Berikut ini adalah perbedaan dari cermin cekung dengan cermin cembung :
Cermin Cekung (Concave mirror) Cermin Cembung (Convex mirror)
Titik fokus berada di depan cermin Titik fokus berada di belakang cermin
Cermin cekung bersifat konvergen ( mengumpulkan sinar ) Cermin cembung bersifat divergen (menyebarkan sinar)
Cermin cekung membentuk bayangan nyata dan terbalik. Cermin cembung membentuk bayangan maya dan tegak
Bayangan pada cermin cekung cenderung lebih besar Bayangan pada cermin cembung cenderung lebih kecil daripada benda aslinya
Dari sisi penggunaan, cermin cekung banyak digunakan pada lampu sorot mobil dan senter Dari sisi penggunaan, cermin cembung banyak digunakan pada spion dan cermin di tikungan jalan raya
Nilai titik fokus pada cermin cekung bernilai positif Nilai titik fokus pada cermin cembung bernilai negatif


Anda telah melihat perbedaan dari kedua cermin (cermin cekung dan cermin cembung) seperti yang terlihat pada tabel di atas. Nah sekarang mari kita lihat perbedaan kedua cermin tersebut bila diterapkan dalam mencari suatu jarak bayangan.

Soal mencari bayangan

Sebuah benda diletakkan di depan cermin dengan jarak 10 cm. Jika titik fokus cermintersebut adalah 5 cm. Hitunglah :
A. Jarak bayangan jika diletakkan di depan cermin cekung ?
B. Jarak bayangan jika diletakkan di depan cermin cembung ?

A. Jarak bayangan (Cermin Cekung)
s = 10 cm
f = 5 cm

1 / f
=
1 / s
+
1 / s'

1 / 5
=
1 / 10
+
1 / s'

1 / 5
=
s' + 10 / 10s'

10s' = 5(s' + 10)
10s' = 5s' + 50
10s' - 5s' = 50
5s' = 50
s' = 10 cm

Jarak bayangan ke cermin adalah 10 cm dan bersifat nyata karena nilai s' adalah positif.

B. Jarak bayangan (Cermin Cembung)
s = 10 cm
f = -5 cm (ingat, nilai fokus untuk cermin cembung adalah negatif)

1 / f
=
1 / s
+
1 / s'

-
1 / 5
=
1 / 10
+
1 / s'

-
1 / 5
=
s' + 10 / 10s'

-10s' = 5(s' + 10)
-10s' = 5s' + 50
-10s' - 5s' = 50
-15s' = 50
s' = -3.33 cm (nilai negatif menandakan bayangan berada di belakang cermin)

Jarak bayangan ke cermin cembung adalah 3.33 cm dan bersifat maya karena nilai s' adalah negatif.


Terlihat jelas bukan ???, walaupun nilainya sama namun akan menghasilkan jarak bayangan yang berbeda terhadap kedua cermin tersebut. Hal ini dikarenakan titik fokus pada cermin cembung bernilai negatif, sedangkan cermin cekung adalah positif.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar