Skip to main content

Cara Mencari Rumus Molekul Beserta Contoh Soalnya

Tutorial Blog Materi Sekolah dalam mata pelalajaran Kimia kali ini adalah topik tentang rumus molekul. Dalam pembahasan kali ini kita akan mencari atau bagaimana cara menentukan rumus molekul. Pada bagian akhir, Blog Materi Sekolah akan menyajikan contoh soal agar kita benar-benar paham bagaimana mencari rumus molekul.

Edisi tutorial Blog Materi Sekolah sebelumnya sudah membahas tentang cara menentukan rumus empiris serta tutorial yang berisi kumpulan soal tentang pembahasan rumus empiris. Anda dapat menemukannya pada tutorial yang berjudul :
Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat dua mekanisme dalam menyatakan rumus kimia yaitu :
  1. Rumus Empiris
  2. Rumus Molekul

Rumus Empiris

1. Pengertian Rumus Empiris

Rumus Empiris adalah rumus yang menunjukkan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom unsur yang ada dalam suatu senyawa.

Rumus empiris dianggap sebagai rumus yang paling sederhana dari suatu senyawa karena rumus empiris mencari rasio yang terkecil dari atom-atom penyusun suatu senyawa.

2. Contoh Rumus Empiris

  • Feri Oksida (Fe2O3) tersusun atas 2 atom Besi dan 3 atom Oksigen. Perbandingan rasio atom-atom pembentuk senyawa tersebut (Fe : O = 2 : 3) tidak dapat kita sederhanakan lagi. Dengan demikian rumus empirisnya adalah : Fe2O3
  • Rumus Molekul dari Etana adalah C2H6 dimana mengandung jumlah atom C = 2 dan atom H = 6. Dari jumlah atom-atom penyusun senyawa tersebut memiliki rasio C: H = 2 : 6. Perbandingan atom-atom tersebut masih bisa disederhanakan lagi. Sehingga rasio terkecil dari perbandingan atom-atom tersebut adalah C : H = 1 : 3. Dari perbandingan terkecil ini maka rumus empiris untuk Etana (C2H6) adalah CH3.

Rumus Molekul

1. Pengertian Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus yang menunjukkan perbandingan jumlah atom yang sebenarnya dari unsur-unsur yang membentuk senyawa tersebut.

Rumus molekul merupakan kelipatan bilangan bulat dari rumus empiris. Secara matematika hubungan antara rumus molekul dengan rumus empiris dapat ditulis sebagai berikut :
(Rumus Empiris)n = Rumus Molekul
n adalah bilangan bulat

Nilai n dapat ditentukan jika rumus empiris dan massa molekul relatif (Mr ) zat diketahui :

Mr rumus molekul = n × (Mr rumus empiris)

2. Contoh Rumus Molekul

  • Butena (C4H8) merupakan contoh rumus molekul yang memiliki perbandingan atom-atom C : H = 4 : 8. Jika kita sederhanakan perbandingan atomnya kita dapatkan rumus empiris CH2 dengan rasion C : H = 1 : 2.
  • Rumus molekul etilen (C2H4) memiliki perbandingan atom-atom C : H = 2 : 4. Jika disederhankan lagi rasio perbandingan atomnya, kita dapat rumus empirisnya adalah CH2 dengan rasio C : H = 1 : 2.
Perhatikan bahwa molekul C4H8 dan C2H4 memiliki rumus empiris yang sama. Namun pada pada dasarnya kedua molekul tersebut adalah senyawa yang berbeda dimana C4H8 adalah empat kali dari rumus empiris (n = 4) dan C2H4 adalah dua kali dari rumus empiris (n = 2).

Kedua molekul (C4H8 dan CH2) memiliki rumus empiris yang sama, namun kedua molekul tersebut adalah senyawa yang berbeda dengan formula molekul yang berbeda. Butena adalah C4H8, atau empat kali rumus empiris.Sedankan etilen adalah C2H4 merupakan dua kali rumus empiris.

3. Cara Menentukan Rumus Molekul

Berikut ini langkah-langkah dalam menentukan rumus molekul dari suatu senyawa :
  1. Menentukan rumus empiris 
  2. Menentukan massa molekul relatif senyawa 
  3. Menentukan nilai n

Contoh Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Rumus Molekul dan Rumus Empiris
Nama Senyawa Rumsu Molekul Rumus Empiris
Air H2O H2O
Kapur Barus C12H10 C6H5
Amonia NH3 NH3
Glukosa C6H12O6 CH2O


Contoh Soal Rumus Molekul

1. Soal Rumus Molekul Pertama

Jika suatu senyawa memiliki rumus empiris CH2O dan Mr= 60. Carilah rumus molekul senyawa tersebut (Ar C=12 H=1) ?

Pembahasan
1. Menentukan Rumus Empiris
Dari soal diketahui Rumus Empiris : CH2O

2.Menentukan massa molekul relatif senyawa
Dari soal diketahui Mr = 60

3. Menentukan nilai n
Mr (CH2O)n = 60
(Ar C + 2 Ar H + Ar O)n =60
(12 + 2.1 + 16)n = 60
30n = 60
n = 2

Rumus Molekul = (Rumus Empiris)n
Rumus molekul = (CH2O)2 = C2H4O2

Jadi rumus molekulnya adalah C2H4O2


2. Soal Rumus Molekul Kedua

Jika suatu senyawa hidrokarbon mengandung 48 gram C dan 8 gram H (Ar C = 12, Ar H = 1). Carilah rumus molekul senyawa tersebut jika diketahui massa molekul relatifnya adalah 28 ?

Pembahasan
1. Menentukan Rumus Empiris
nC : nH =
massa C / Ar C
:
massa H / Ar H

nC : nH =
48 / 12
:
8 / 1

nC : nH = 4 : 8
nC : nH = 1 : 2

Kita dapatkan rumus empirisnya adalah CH2.

2.Menentukan massa molekul relatif senyawa
Mr CH2 = (1 x Ar C) + 2 (x Ar H)
Mr CH2 = (1 x 12) + (2 x 1) = 14

3. Menentukan nilai n
Mr rumus molekul = n × (Mr rumus empiris)
28 = n x 14
n =
28 / 14
= 2

Jadi rumus molekul senyawa tersebut adalah (CH2)2 = C2H4
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar