--> Skip to main content

Teorema pythagoras

Tentunya bagi anda yang duduk dibangku kelas 8, saat ini sedang mempelajari pelajaran matematika dengan tema "pythagoras".

Nah kebetulan dalam postingan ini, kita akan berkenalan dengan rumus pythagoras termasuk atau terkadang ada yang mengistilahkannya dengan rumus tripel pythagoras.

Ingat ya, kalau ditanya teorema pythagoras berlaku pada segitiga apa ?. Tentu jawabannya hanya berlaku untuk segitiga siku-siku.

Bisa sebutkan contoh penerapan teorema dalam kehidupan sehari-hari ?. Penerapan dalam kehidupan sehari-harinya bisa digunakan untuk menentukan tinggi pohon, menentukan tinggi gedung, jarak terpendek dan lain sebagainya.

Dalil Teorema Pythagoras

Dalilnya teorema pythagoras berlaku pada segitiga yaitu segitiga siku-siku yang mana dalilnya menyatakan "kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari panjang dua sisi lainnya".

Rumus Teorema Pythagoras

Rumus teorema pythagoras terkadang ada yang menyebut rumus tripel pythagoras. Dan perlu diingat berlaku pada segitiga siku-siku. Rumusnya adalah sebagai berikut :

Rumus Tripel Pythagoras

c2 = a2 + b2
a2 = c2 - b2
b2 = c2 - a2

Keterangan
  • c merupakan sisi miring
  • a adalah sisi tegak
  • b merupakan sisi mendatar

Rumus di atas bisa juga kita tulis sebagai berikut :


Contoh Soal

Jika terdapat sebuah segitiga ABC dengan siku-siku di B. Apabila diketahui panjang sisi tegak (AB) = 5 cm dan sisi mendatarnya (BC) = 12 cm. Hitunglah panjang sisi miring (AC) ?

Pembahasan
AB = 5 cm
BC = 12 cm

AC2 = AB2 + BC2
AC2 = 52 + 122
AC2 = 25 + 144
AC2 = 169
AC = √169
AC = 13

Jadi panjang sisi miring (AC) segitiga tersebut adalah 13 cm


Untuk mengetahui Sejarah Teorema Pythagoras, silahkan link ini Sejarah Teorema Pythagoras
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar