Skip to main content

Pengertian Kambium beserta Fungsinya

Setelah diuraikan materi biologi tentang kambium, kita dapat mendefinsikan atau memahami pengertian kambium serta dapat menyebutkan fungsi-fungsi dari kambium.

Pengertian Kambium ?


Apakah anda pernah melihat pepohonan ?. Dan pernahkan anda mengertahui istilah kambium.

Jadi apa yang dimaksud dengan kambium? Secara sederhana, kambium adalah sebuah lapisan meristematik yang terdapat pada tumbuhan dimana sel-sel pada kambium tersebut aktif membelah dan bertanggungjawab atas pertumbuhan sekunder tanaman.

Kambium dapat dijumpai pada bagian batang dan juga akar tumbuhan. Bentuk dari kambium ini berupa lendir yang terdapat pada kulit dan kayu batang. Secara umum, kambium dijumpai pada tanaman dikotil dimana batangnya keras dan berumur panjang. 

Pada batang berkayu tersebut, kambium berfungsi  sebagai medium atau jalur lintas zat hara yang bergerak dari tanah menuju ke daun. Disamping itu, kambium juga memiliki perananan sebagai penyalur makanan yang dihasilkan dari hasil proses fotosintesis. 

Xylem Dan Floem 


Kambium  terdiri dari dua jaringan yang berbeda, dimana yang pertama kita namakan xylem dan yang kedua dinamakan floem.  Bagian yang pertama adalah kambium yang tumbuh ke arah dalam maka ia akan membentuk xylem atau yang dikenal juga dengan nama pembuluh kayu. 

Bagian yang kedua adalah kambium yang tumbuh ke arah luar maka ia akan membentuk kulit kayu atau floem atau yang disebut juga dengan pembuluh tapis. Fungsi kedua pembuluh ini, baik floem maupun xylem sama-sama berfungsi sebagai sarana transportasi zat. Pembuluh xylem sendiri berperan sebagai pengangkut air juga mineral. Adapun floem secara spesifik berfungsi sebagai penganngkut hasil proses fotosintesis.

Jenis-jenis Kambium 


Pada dasarnya kambium adalah  jaringan yang bersifat meristem, dimana kambium ini memiliki kelebihan untuk membelah dan menjadi jaringan meristem sekunder. Pada mulanya kambium hanya dijumpai pada bagian ikatan pembulu yang disebut dengan nama kambium vasis/kambium intravasikuler. Adapun fungsi dari kambium vasis adalah untuk membentuk pembuluh xylem dan floem primer. Di sisi lain, kambium yang berada di akar atau batang tepatnya di antara ikatan pembuluh dikenal dengan nama kambium intervasikuler. Kedua jeis kambium ini kemudian mmebentuk lingkaran tahunan pada pohon. 

Pembagian jenis kambium lainnya bisa didasarkan pada proses terbentuknya, antara lain: 
  • Kambium primer yakni jenis kambium yang terletak antara floem dan xylem tumbuhan dikotil sekaligus Gymnospermae.
  • Kambium sekunder atau kambium gabus merupakan jenis kambium yang ada di permukaan batang maupun akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini, ke luar membentuk sel gabus yang merupakan pengganti dari epidermis. Sementara itu kedalam untuk membentuk sel feloderm yang hidup.

Pada tulisan lainnya, banyak ahli yang membagi kambium juga menjadi dua bagian yakni: 
  • Kambium pembuluh atau vascular cambium yang merupakan pembatas bagian kulit kayu pada bagian kayu di batang pohon. Kambium ini ke arah dalam membentuk xylem dan keluar membentuk floem.
  • Kambium gabus atau felogen/phellogen merupakan bagian tak terpisahkan dari korteks. Fungsi kambium ini menghasilkan jaringan gabus (ke arah luar) yang berperan sebagai pengendali masuknya air, pencegah serangan hama, dan fungsi yang bersifat mekanis lainnya. Sementara itu ke arah dalam, kambium ini membentuk lapisan kulir bergabus yang dikenal dengan istilah phelloderm.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar