Skip to main content

Pengertian, Sifat dan Kegunaan Gas Mulia

Setelah kita mempelajari materi kimia yang membahas tentang Gas Mulia, maka kita dapat memahami unsur-unsur apa saja yang masuk dalam kategori gas mulia, kita juga dapat memahami sifat dan manfaat dari gas mulia.

Pengertian Gas Mulia

Gas Mulia adalah unsur-unsur yang dalam tabel periodik berada pada  golongan VIII A. Kelompok yang berada di golongan VIIIA ini merupakan satu-satunya gas yang berwujud atom tunggal dan bisa ditemukan di atmosfer bumi. Mereka adalah: He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn.


 

Sifat - Sifat Gas Mulia

  • Konfigurasi elektron untuk gas mulia berakhiran 2 dan 8 yang merupakan bentuk konfigurasi elektron yang stabil. Ini menyebabkan golongan ini stabil (sukar bereaksi dengan unsur lain).
  • b. Dari atas ke bawah potensial ionisasinya makin kecil, reaktifitasnya makin besar, titik didih dan titik leleh makin besar.
  • Tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau.

Manfaat Gas Mulia

  • Helium (He) yang ringan dan tidak dapat terbakar digunakan untuk pengisi balon udara, isi tabung udara bagi penyelam. Dalam bentuk cair He dapat digunakan sebagai pendingin (refrigerant).
  • Neon dan Argon digunakan sebagai pengisi lampu listrik. Dalam bentuk cair, Ne digunakan sebagai pendingin dalam reaktor nuklir, membuat indikator tekanan tinggi, penangkal petir dan tabung televisi.
  • Kripton (Kr) bersama Ar digunakan untuk mengisi lampu fluoresensi, spektrum atom Kr untuk menetapkan standar ukuran “satu meter”, lampu kilat fotografi berkecepatan tinggi.
  • Xenon (Xe) digunakan dalam pembuatan tabung elektron, pembiusan saat pembedahan.
  • Radon (Rn) sering dijumpai  dalam terapi radiasi kanker. Radon juga dapat berperan sebagai sistem peringatan gempa, Karena bila lepengn bumi bergerak kadar radon akan berubah sehingga bias diketahui bila adanya gempa dari perubahan kadar radon.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar