Skip to main content

Alasan Mengapa Bintang di Langit Berkedip

Mengapa Bintang di Langit Berkedip - Setelah anda membaca penjelasan yang dikemukan dalam postingan kali ini, anda menjadi tahu mengapa atau apa yang menyebabkan bintang-bintang di langit kelihatan berkedip-kedip.

Apa itu Bintang ?

Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya. Dalam klasifikasinya, bintang itu sendiri terdapat dua jenis yaitu :
  • Bintang semu .
    Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain.
  • Bintang nyata.
    Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. 
Pengertian Bintang menurut para ilmuwan Astronomi adalah :
Bintang adalah semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

Nah pernahkan anda melihat bintang-bintang berkedip-kedip di malam hari. Tentunya semua dari kita pernah melihatnya, baik yang berkedip-kedip secara terang maupun agak samar-samar.

Lalu kira-kira apa yang menyebabkan bintang-bintang tersebut berkedip-kedip ?

Alasan Bintang tampak Berkedip-kedip ? 

Walaupun bagi kita tampak bintang berkedip-kedip ketika melihatnya di malam hari, namun pada dasarnya bintang-bintang tersebut tidak berkedip.

Fenomena bintang berkedip tersebut dapat kita jelaskan dengan perumpamaan dengan dengan sebutir koin yang jatuh di dasar kolam renang. Saat koin dilemparkan ke kolam renang hingga koin itu menyentuh dasar kolam, koin akan tampak bergelombang. Hal tersebut disebabkan karena adanya pembelokan cahaya yang dipantulkan dari koin.yang  terjadi pada air di kolam .

Tentunya sama juga dengan apa yang terjadi pada bintang-bintang di langit.  Seperti yang disebutkan di atas, bahwa bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya. Agar cahaya bintang tersebut dapat sampai ke mata manusia, cahaya dari bintang tersebut harus melalui beberapa mil dari atmosfer Bumi sebelum sampai ke mata kita.

Hal itu seolah-olah kita melihat langit dari dasar kolam renang. Atmosfer Bumi mengalami pergolakan dengan angin yang berhembus, dan pusaran yang terbentuk berputar serta menyebar sepanjang waktu.

Aktivitas ini bertindak seperti lensa prisma yang membelokkan cahaya bintang dari satu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Untuk benda-benda yang terlihat besar seperti Bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga terlihat tak berkedip.

Tetapi bintang terletak lebih jauh dan sumber cahayanya berupa titik, sehingga saat masuk dalam atmosfer langsung dibelokkan dengan intensitas yang cepat dan menyebabkan bintang tampak berkedip.

Planet seperti Mars, Venus, dan Jupiter, jika dilihat dari Bumi tampak seperti bintang terang, sebab letaknya lebih dekat dengan Bumi sehingga cahayanya tidak terbelokkan. Namun terkadang terjadi pula kerlap-kerlip yang bervariasi dalam jumlah cahaya yang berasal dari planet ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar