Skip to main content

Latihan Soal Gerak Jatuh Bebas dan Jawabannya

Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB) - Setelah anda mempelajari kumpulan soal gerak jatuh bebas ini, diharapkan anda bertambah lebih memahami teori atau konsep GJB. Dengan demikian ketika menjumpai soal-soal model lain seperti soal fisika tentang gerak jatuh bebas dalam UNBK, anda dapat dengan cepat memutuskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjawab soal tersebut.

Gerak jatuh bebas adalah gerak benda yang jatuh dari suatu ketinggian tertentu dimana tidak memiliki kecepatan awal . Gerak jatuh bebas dipengaruhi oleh gaya gravitasi.

Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita amati peristiwa jatuhnya buah kelapa dari tangkainya, jatuhhnya buah mangga, jatuhnya buah apel dari tangkainya. Jika suatu benda yang dengan sengaja dijatuhkan dari suatu ketinggian, pastinya benda tersebut memiliki kecepatan awal. Jadi berbeda dengan Gerak Jatuh Bebas, gerak tersebut tidak memiliki kecepatan awal.


Latihan Soal GJB


Soal No.1

Sebutkan 3 poin yang menyebabkan bahwa suatu benda tersebut dikatakan melakukan gerak jatuh bebas  (GJB) ?

Jawab :
Tiga hal yang mendasari bahwa benda melakukan GJB :
  • Kecepatan awal (V0 )= 0
  • Percepatan konstan = gravitasi bumi (g) 
  • Gesekan antara benda dan udara diabaikan 

Soal No.2

Jika terdapat sebuah apel yang terlepas dari tangkainya dan apel tersebut menyentuh tanah dalam waktu 5 detik. Hitunglah kecepatan apel tersebut saat detik ke 4 ? (gravitasi = 10m/s²)

Jawab:
Vt = g.t
Vt = 10.4
Vt = 40 m/s
Jadi kecepatan pada detik keempat adalah 40 m/s

Soal No.3

Seekor monyet menjatuhkan buah durian dari pohonnya (g=10 m/s²). Dari ketinggian berapa buah itu dijatuhkan bila dalam 1,5 sekon buah itu sampai di tanah? Berapa kecepatan durian itu, 1 sekon sejak dijatuhkan?

Jawab:
Untuk menghitung ketinggian kita gunakan persamaan.:
h = 1/2.g.t²
= 1/2.10.(1,5)²
= 5.(2,25)

= 11,25 meter

Untuk menghitung kecepatan kita gunakan persamaan:
Vt = g.t
= 10.1
= 10 m/s

Soal No.4

Seorang tukang batu menjatuhkan ember yang kosong untuk diisi beton dari sebuah proyek apartemen tanpa kecepatan awal. Posisi tukan tersebut 19,6 meter dari tanah. Berapakah waktu yang dibutukan ember tersebut jatuh ke tanah? Jika percepatan gravitasi di apartemen itu adalah 9,8 m/s2 ?

Jawab :
h = 1/2g.t²
19,6 = 1/2.9,8.t²
t² = 4
t = 2 sekon


Soal No.5

Terdapat sebuah benda yang terjatuh dari suatu ketinggian bangunan tanpa kecepatan awal. Setelah dua detik benda sampai di tanah (g = 10 m/s2). Maka tinggi bangunan tersebut adalah ....?

Jawab:
h = 1/2g.t²
h = 1/2 . 10 . 2²
h = 5 . 4 = 20 m
Jadi tinggi bangunan tersebut adalah 20 meter
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar