Skip to main content

Cara Mencari Sisi Miring Belah Ketupat

Adapun tujuan pembelajaran matematika dalam Blog Materi Sekolah kali ini adalah agar kita dapat mengetahui bagaimana mencari sisi miring belah ketupat apabila diketahui diagonalnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa bangun ruang Belah Ketupat memiliki empat sisi yang sama panjang dan dua buah diagonal (tidak sama panjang).

Kitapun sudah mempelajari poin-poin penting yang berkaitan dengan Belah ketupat seperti : sifat-sifat bangun ruang belah ketupat, rumus mencari luas belah ketupat, rumus keliling belah ketupat serta contoh soal mencari luas dan keliling belah ketupat. Kesemua pembahasan tersebut dapat anda temukan dalam tutorial yang berjudul :

Sifat-sifat dan rumus mencari luas dan keliling Belah Ketupat
Sisi miring pada belah ketupat adalah sisi yang terdapat pada belah ketupat. Coba perhatikan gambar berikut ini :

Dari gambar di atas tampak bahwa bangun ruang Belah Ketupat ABCD memiliki sisi-sisi dan diagonal, yaitu:
  • AB, BC, CD dan DA adalah sisi-sisi pada Belah Ketupat ABCD. Masing-masing sisi tersebut diwakili oleh simbol "s" (lihat gambar).
  • d1 dan d2 adalah diagonal pada Belah Ketupat ABCD. d1 adalah diagonal secara horizontal sedangkan d2 merupakan diagonal secara vertikal.
Dari gambar Belah Ketupat ABCD, untuk mencari sisinya  jika diketahui diagonal adalah :
s2 =½d12 + ½d22


Contoh Soal

Jika diketahui diagonal-diagonal pada suatu bangun datar Belah Ketupat dengan panjang masing-masing adaah 36 cm dan 48 cm. Hitunglah panjang sisi (sisi miring) Belah Ketupat tersebut ?

Pembahasan


d1 = 36 cm
½d1 = 18 cm

d2 = 48 cm
½d2 = 24 cm

Rumus untuk mencari sisi:
s2 =½d12 + ½d22
s2 =182 + 242
s2 = 324 + 576
s2 = 900
s = 30

Jadi panjang sisinya adalah 30 cm

Sekarang anda sudah mengerti bagaimana mencari panjang sisi belah ketupat atau terkadang dalam soal yang ditanya sisi miring. Jadi sisi mirip pada belah ketupat adalah keempat sisi yang sama panjang yang dimiliki oleh Belah Ketupat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar