--> Skip to main content

Cara Membuat Quizizz

Tujuan dari pembelajaran kita kali ini adalah bagaimana cara memanfaatkan aplikasi Quizizz sehingga kita dapat cara membuat kuis di aplikasi quizizz.

Era saat ini adalah eranya semua sektor kehidupan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Sama halnya dunia pendidikan, terlebih sejak adanya pandemi Covid-19, grafik pemanfaatan kemajuan teknologi informasi berkembang pesat.

Salah satunya adalah kehadiran Quizizz yang didirikan oleh Ankit dan Deepak tahun 2015 saat mengajar matematika remedial di sebuah sekolah di Bangalore, India. Dan saat ini telah digunakan jutaan siswa di lebih dari 100 negara dan memiliki kantor di Bangalore dan Santa Monica, California [1].

Kita sering menjumpai contoh soal dalam Quizizz, tentunya kita berpikir bagaimana cara cara bermain quizizz sehingga para guru dapat membuat soal online Quizizz (membuat quiz di quizizz) dan siswa dapat mengerjakan quizizz . Untuk itu, postingan blog ini akan membantu jawaban anda semua.

Tutorial bagaimana cara menggunakan quizizz meliputi pokok-pokok pembahasan tentang :
  • Apa itu aplikasi quizizz ?
  • Kelebihan quizizz
  • Perbedaan Kahoot vs Quizizz
  • Tipe- Tipe Pertanyaan di Quizizz
  • Cara membuat akun quizizz
    • dashboard quizizz
    • quizizz admin
    • quizizz student
    • quizizz login
  • Cara menghapus akun quizizz
  • Cara membuat kuis di quizizz


Apa itu aplikasi quizizz ?


Quizizz adalah aplikasi online yang bersifat gamification dan melibatkan peran serta siswa dan guru yang dapat digunakan sebagai salah satu alat penilaian dalam pembelajaran.

Maksud dari kata "gamification " adalah proses pengemasan pembelajaran dalam bentuk permainan sehingga para peserta dalam hal ini siswa merasa rileks dalam metode pembelajaran tersebut.

Dengan demikian Quizziz memungkinkan guru untuk melakukan penilaian formatif siswa dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dari segala usia. Guru memasukkan Quizizz ke dalam pengajaran, peninjauan, dan evaluasi untuk mendukung siswa mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Setelah memberikan kode akses unik kepada siswa, kuis dapat direkam secara langsung sebagai kompetisi berjangka waktu atau digunakan sebagai pekerjaan rumah dengan tenggat waktu tertentu. Setelah kuis selesai, siswa dapat meninjau jawaban mereka.

Selanjutnya, data yang dihasilkan dikompilasi ke dalam spreadsheet untuk memberi instruktur visual yang jelas tentang kinerja siswa untuk menganalisis tren di area mana yang mungkin paling membutuhkan fokus kedepannya. Umpan balik langsung ini dapat digunakan oleh guru untuk merevisi kegiatan pembelajaran di masa depan dan mengubah konsentrasi materi dengan memberikan penekanan yang lebih signifikan pada konsep yang tidak dimengerti oleh siswa.

Kelebihan quizizz


Walaupun [enggunaan aplikasi kuis online ini sangat bergantung pada ketersediaan jaringan internet, namun terdapat banyak kelebihan diantaranya adalah :

Kelebihan Quizizz
Aplikasi ini Free
Soal yang tampil antara satu siswa dengan siswa lainnya sudah teracak, sehingga mengurangi kecurangan siswa apabila ingin mencontek
Dari sisi guru adanya sistem penilaian. Hasil laporan yang dapat didownload dalam bentuk file excel
Dapat diintegrasikan dengan berbagai LMS (Learning Management System) seperti : Canvas, Schoology, Microsoft Teams, Google Classroom
Dukungan dalam berbagai platform : Web, Android dan IOS


Perbedaan Kahoot vs Quizizz


Apakah anda pernah mendengar Kahoot ?. Ya, Kahoot dan Quizizz adalah suatu platform kuis online yang memungkinkan pemain menggunakan perangkat mereka sendiri untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda. Pada umumnya para siswa menganggapnya menarik karena animasi yang mencolok dan kompetisi yang diciptakannya dengan papan peringkat waktu nyata.

Ada banyak kesamaan antara kedua platform tersebut, tetapi masing-masing memiliki fokus yang sedikit berbeda. Kahoot diarahkan oleh guru dimana menampilkan pertanyaan dan jawaban pada perangkat guru, sedangkan Quizizz diarahkan oleh siswa dimana menampilkan semua informasi di perangkat siswa [3].

Referensi
  1. Quizizz. [online](https://quizizz.com/about)
  2. How to use Quizizz in the Classroom. [online](https://www.brittanywashburn.com/2018/05/how-to-use-quizizz-in-classroom.html)
  3. Why Quizizz is better than Kahoot. [online](https://medium.com/@Stephen_Reid/why-quizizz-is-better-than-kahoot-9d585cb1ee3e)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar